Posted by: binaman | February 22, 2012

Peningkatan Pemeriksaan Internal (Internal Audit) Satuan Pengawasan Internal Perhotelan (HOTEL Hospitality)

Peningkatan Pemeriksaan Internal (Internal Audit) Satuan Pengawasan Internal Perhotelan (HOTEL Hospitality) 
Jumat – Sabtu, 24 – 25 Februari 2012, pukul 09:00 – 16:00 WIB
Harris Hotel, Tebet/Aryaduta Hotel, Semanggi, Jakarta
Bonus : Tas Eksklusif BMI dan Flashdisk


Training Description :

Manajemen memerlukan informasi yang handal dan dukungan keahlian yang tepat dari pihak independen agas keputusan yang dibuatnya adalah yang paling efektif dan efisien bagi kepentingan perusahaan. Tidak terkecuali bagi manajemen perusahaan seperti industri perhotelan baik hotel bintang maupun hotel non bintang di Indonesia tentunya membutuhkan jaminan bahwa laporan yang digunakan untuk pengambilan keputusan bisnis perhotelan tersebut telah tepat dan akurat oleh pihak internal perusahaan perhotelan yang independen. Pihak independen internal ini adalah internal auditor dengan sistem pengendalian internal perusahaan hotel yang berjalan dengan baik

Auditor internal adalah auditor yang bekerja dalam perusahaan yang tugas pokoknya adalah menentukan apakah kebijakan dan prosedur yang ditetapkan oleh manajemen telah dipatuhi, menentukan baik tidaknya penjagaan terhadap kekayaan organisasi, menentukan efisiensi dan efektivitas prosedur kegiatan organisasi, serta menentukan kualitas informasi yang dihasilkan oleh berbagai bagian organisasi. Sementara Pengendalian intern adalah suatu proses dari aktivitas operasional organisasi dan merupakan bagian integral dari proses manajemen, seperti perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian.

Sejalan dengan konsep era globalisasi, maka sebagai konsekuensinya makin banyak masalah yang harus dihadapi oleh suatu perusahaan dalam persaingan usaha yang semakin kompetitif dan kompleks tersebut. Keadaan ini menuntut para pimpinan atau manajemen perusahaan untuk dapat mengelola perusahaannya secara lebih efektif dan efisien untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya. Hal ini membuat pimpinan tidak dapat lagi secara langsung mengawasi aktivitas perusahaan sehingga harus mendelegasikan sebagian tugas, wewenang, dan tanggung jawab yang dipikulnya kepada pihak lain, yaitu auditor internal. Lebih lanjut pimpinan/manajemen dituntut untuk menerapkan pengendalian intern yang tentunya akan sangat berguna untuk mengamankan aset perusahaan. Variabel yang mempengaruhi efektivitas pengendalian intern adalah kualitas jasa auditor internal. Tugas seorang auditor internal adalah “menyelidiki dan menilai pengendalian intern dan efisiensi pelaksanaan fungsi berbagai unit organisasi”.

Sebuah daftar periksa audit adalah serangkaian prosedur atau langkah-langkah suatu internal audit ketika audit internal perusahaan. Prosedur ini sering menerjemahkan untuk audit sebagian terlepas dari perusahaan industri atau bisnis dan sektor. Internal audit (pemeriksaan internal) hotel dapat terjadi pada tingkat perusahaan atau waralaba. Banyak hotel menggunakan model waralaba di lingkungan bisnis. Hotel franchisor menggunakan audit untuk memastikan setiap waralaba beroperasi sesuai dengan standar peraturan dan prosedur standar operasi perusahaan. Hotel Audit Checklist terdiri Initial Meeting (rapat awal), Plan (perencanaan), Fieldwork (pekerjaan lapangan) dan Follow up (tindak lanjut).

Pertumbuhan ekonomi yang mulai menampakkan hasil positif sekarang ini haruslah dihadapi dengan kesiapan untuk “berubah” dan keberhasilan dalam proses perubahan itu sendiri menuntut kemampuan dalam mengadopsi nilai-nilai pengetahuan dan praktek-praktek bisnis baru yang berporos pada good governance. Dalam proses yang berlangsung secara cepat tersebut, posisi auditor internal sebagai pelindung asset perusahaan sangatlah strategis sehingga ia harus berada dan berperan dalam setiap tahap perubahan (baca: perkembangan) perusahaan. Bagaimana seharusnya auditor internal berperan dan memposisikan dirinya dalam pertumbuhan perusahaan yang diperkirakan akan mengalami tingkat akselerasi tertinggi beberapa tahun ke depan ini? Berdasarkan identifikasi dan uraian tersebut, maka perlu dilakukan peningkatan kompetensi melalui pelatihan pembentukan fungsi dan peningkatan fungsi auditor internal perhotelan terhadap efektivitas pengendalian intern pada hotel berbintang dan non bintang di Indensia dalam usaha untuk meningkatkan kualitas informasi akuntansi hotel baik yang berbintang maupun non bintang.

Outline :

  1. Terminology internal audit perhotelan
  2. Professional Internal Audit Hotel
  3. Hotel Corporate Governance
  4. Internal Audit Service Hotel
  5. Proses Audit Internal Hotel
  6. Penilaian Resiko Hotel
  7. Survey Pendahuluan Untuk Penugasan Audit Internal Hotel
  8. Hotel Internal Audit Program
  9. Pembuktian Internal Audit Hotel
  10. Kertas Kerja Internal Audit (KKA) Hotel

Who should attend ?

Para pengambil keputusan (top management) perhotelan, Bagian Internal Audit Hotel, Bagian Keuangan Hotel, Bagian Pajak & administrasi hotel, praktisi hotel, para pemerhati yang ingin mengetahui bagaimana internal audit perhotelan diaplikasikan.

Fee/Investasi : Rp 3.350.000,-

  • Rp 3.100.000,- (Early Bird) untuk pembayaran sebelum tanggal 17 Februari 2012
  • Rp 3.250.000,-/orang untuk pendaftaran group 2 orang peserta

Include : Lunch, 2x Coffee Break, Modul & Certificate Of Accomplishment

Course Leader :

Surya Mardi Dominic SE.,Ak.,MM.,BAP (Cand.),Dip. IFR

Narasumber adalah seorang praktisi dan akademisi di bidang akuntansi, audit dan pengendalian internal. Beliau lulus Pendidikan Profesional Akuntan, Sertifikasi Profesional Internal Audit dan Information System Audit, Universitas Indonesia serta kandidat Berakreditasi Akuntan Publik. Pendidikan terakhir adalah S2, Sekolah Tinggi Manajemen PPM dan memiliki spesialisasi di bidang Manajemen Resiko dan Analisa Keuangan serta lulus sertifikasi Diploma International Financial Reporting Standard (IFRS). Selain aktif sebagai pembicara seminar dan anggota organisasi Ikatan Akuntan Indonesia (IAI), beliau saat ini menjabat sebagai Senior Officer Financial Reporting Manager di BUMN Indonesia terdaftar pada Bursa Efek New York dan Indonesia dimana sebelumnya bekerja pada senior level di Kantor Akuntan Publik (KAP) Big Four terbesar.

Tim Praktisi dan Pengajar BMI Training

Praktisi Manajemen Perusahaan, Akunting dan keuangan dengan pengalaman lebih dari 15 tahun dan jabatan yang pernah dipegang antara lain sebagai, Operational Director, Finance Director, Financial Planning Manager, Finance and Accounting Manager, dan Accounting Manager.

Pernah bekerja di Nasional dan Multinasional terkemuka di Indonesia dan lulusan dari universitas terkemuka dari dalam dan luar negeri.

Original Link : http://www.binamanajemen.com/index.php/events/read/2011/12/21/193716/307/peningkatan-pemeriksaan-internal-internal-audit-satuan-pengawasan-internal-perhotelan-hotel-hospitality.html


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: