Posted by: binaman | September 30, 2009

Managing Account Payable 2009

Workshop Managing Account Payable 2009

Selasa – Rabu, 20 – 21 Oktober 2009, pukul 09:00 – 16:00 WIB

Harris Hotel, Tebet/The Park Lane Hotel, Casablanca

Bonus : BMI Exclusive Organizer Book


Workshop Description

Kebutuhan akan barang dan keterbatasan cash flow yang dimiliki oleh perusahaan adalah dua masalah yang dialami oleh pelaksana Account Payable. Satu sisi perusahaan dituntuk untuk terus berproduksi memenuhi kebutuhan pelanggan, namun di sisi yang lain perusahaan tidak selalu memiliki kecukupan dana untuk membayar semua aktivitas pembeliannya. Akibatnya sering salah satu dari masalah tesebut dikorbankan. Namun mengorbankan salah dari keduanya ini bukan tanpa resiko. Menunda pembelian barang akan berdampak pada penurunan sales, atau bahkan hilangnya keberlanjutan order. Tapi jika menunda pembayaran, supplier akan menolak untuk mengirimkan barang berikutnya. Akibatnya perusahaan akan gagal berproduksi, dan gagal pula untuk delivery barang dan jasa.

Karenanya dibutuhkan strategi yang tepat agar problem-problem payable ini dapat diatasi. Hal ini menunjukkan bahwa fungsi Account Payable saat ini tidak lagi sebagai fungsi yang sekedar melakukan kegiatan administrasi. Namun beranjak lebih jauh menjadi fungsi yang strategis mendukung perusahaan dalam mencapai profit yang tinggi dan keberlangsungan aktivitasnya (going concern). Peningkatan fungsi tentu saja mengandung konsekuensi, bahwa karyawan bagian Account payable haruslah personil yang handal, memahami bisnis proses, serta dapat memberikan masukan dan informasi yang berguna dalam pengelolaan cash flow perusahaan dan pengambilan keputusan oleh manajemen. Serta terlibat aktif dalam aktivitas penurunan biaya.

 

Tujuan workshop

  • Dapat melakukan administrasi yang efektif terhadap proses account payable
  • Mengorganisasi proses payable, dan memiliki pengetahuan tentang trik-trik proritas pembayaran
  • Dapat berperan aktif dalam pengelolaan cash flow yang efisien, dan eliminasi kemungkinan terjadinya kecurangan dalam proses payable
  • Memberikan informasi yang penting dalam pengambilan keputusan oleh manajemen

 

Metode Pelatihan :

Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah lektur, workshop, studi kasus dan konsultasi interaktif.

 

Course Outline

  1. Account payable dalam lingkup supply chain management
  2. Pengertian Account payable dan lingkup aktivitasnya
  3. SOP dalam aktivitas account payable
  4. Perubahan paradigma dalam proses payable : Dari fungsi administrative menjadi strategis
  5. Pengelolaan Administasi Account payable : Master vendor, pengelolaan dokumen, dan control internal
  6. Aspek-aspek perpajakan dalam aktivitas account payable
  7. Penilaiaan supplier : Klasifikasi dan pengaruhnya bagi aktivitas perusahaan
  8. Penyusunan Report-report dalam account payable, dan pengaruhnya dalam keputusan manajemen
  9. Key performace indicator (KPI) dan pengukuran kinerja dalam account payable
  10. Pemahaman potensi kecurangan dalam account payable dan antisipasi terhadapnya
  11. Best Practice dalam account payable

 

Who Should Attend?
Lokakarya ini diselenggarakan untuk staf/officer/manager finance and accounting utamanya yang bertugas menangani secara khusus masalah account payables, beserta mereka yang ingin mendapatkan basic pengetahuan yang lengkap mengenai account payables dan best practice dalam pengelolaannya.

Investasi

  • Rp 2.650.000,-
  • Rp 2.500.000,- (Early Bird) untuk pembayaran sebelum tanggal 12 Oktober 2009
  • Rp 4.700.000,- untuk pendaftaran group 2 orang peserta

Include : Lunch, 2x Coffee Break, Modul, & Certificate Of Accomplishment

 

Course Leader

Agus Hendri, SE, Ak

Praktisi dalam Cost, Managerial Accounting dan Production Manajemen selama lebih dari 10 tahun. Sering terlibat aktif dalam tim improvement dan development soft floor dan business process corporate. Terutama untuk cost dan managerial Accounting, budgeting, supply chain management, enterprice resource planning (ERP-SAP) dan juga untuk new business line. Terlibat aktif sebagai Auditor Internal untuk ISO 9001, ISO 14001 dan OHSAS 18001 di perusahaan tempatnya bekerja. Senior Chief of Accountant PT. Astra Otoparts, Tbk, Public dan inhouse trainer untuk cost, managerial accounting, budgeting dan supply chain management. Pembicara seminar di beberapa Univeristas di Jabodetabek dan Yogyakarta . Pernah bekerja di PT. Astra Agro Lestari, Tbk, PT. Panca Tunggal Lestari, perusahaan investasi PT. Graha Satria Indovest, dan KAP Kumala Hadi dan rekan. Selain itu pernah aktif menulis tentang manajemen dan produksi di majalah Warta Ekonomi, Radar Bogor, koran Kedaulatan Rakyat dan Bernas Yogyakarta.

Tim Praktisi dan Pengajar BMI Training

Praktisi Manajemen Perusahaan, Akunting dan keuangan dengan pengalaman lebih dari 15 tahun dan jabatan yang pernah dipegang antara lain sebagai, Operational Director, Finance Director, Financial Planning Manager, Finance and Accounting Manager, dan Accounting Manager.

Pernah bekerja di Nasional dan Multinasional terkemuka di Indonesia dan lulusan dari universitas terkemuka dari dalam dan luar negeri.

Link lain : http://www.binamanajemen.com/view.php?course=64


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: