Posted by: binaman | June 12, 2008

Effective Inventory Accounting : Controlling & Decision Making

Kamis – Jumat, 26 – 27 Juni 2008, pukul 09:00 – 16:30 WIB
Harris Hotel Tebet/Ciputra Hotel

Bonus : Flashdisk 1 GB.

Workshop Description
Salah satu post dengan nilai yang terbesar di neraca perusahaan adalah inventory. Besarnya inventory ini bermakna bahwa besarnya nilai capital perusahaan yang tertanam di dalamnya. Sehingga dibutuhkan pengukuran dan pengendalian yang cukup cermat. Terutama oleh bagian Accounting (selain bagian Warehousing). Sebab dengan nilai yang besar ini, inventory akan rentan terhadap potensi kehilangan, dan kecurangan (fraud).

Untuk itu perusahaan membutuhkan pesonil yang cakap yang bertugas merekam transaksi inventory, menilai, mengevaluasi dan melaporkan kepada manajemen dengan data yang akurat dan memadai. Sebab dengan data inventory yang valid ini, manajemen akan dapat terbantu dalam mengambil keputusan yang tepat berkaitan dengan aktivatas perusahaan selanjutnya.

Training ini bertujuan untuk membekali peserta agar :

  • Dapat melakukan proses yang efektif dalam adminitrasi accounting untuk inventory
  • Dapat melakukan penilaian dan pengukuran terhadap inventory sesuai prinsip akuntansi yang sesuai
  • Dapat merencanakan dan melaksanakan pengendalain inventory dan stock taking
  • Memberikan informasi yang penting dalam pengambilan keputusan oleh manajemen

Outline

  1. Konsep Inventory : Penyajiannya sesuai dengan konsep akuntansi yang lazim
  2. Inventory dalam sistem manufaktur : ABC, EOQ, MRP dan Just in Time
  3. Manajemen resiko dan potensi kecurangan dalam inventory : Motivasi, deteksi dan pencegahannya
  4. Sistem penilaian inventory : FIFO, LIFO dan average costing
  5. Sistem penyimpanan dan pelaporan inventory
  6. Costing Inventory : Metode dan kendala
  7. Budgeting dan pelaporan inventory : Penyusunan dan review
  8. Proses administrasi dan pencatatan inventory : Pembelian, penyimpanan pembayaran, penjualan dan collection
  9. Pengaruh nilai inventory terhadap cash, account receivable, account payable dan working capital
  10. Pengendalian Inventory : Cycle counting dan stock taking
    • Penghitungan dengan off produksi
    • Penghitungan tanpa off produksi
  11. Perlakuaan terhadap varian inventory, allowance inventory dan hambatan permasalahannya
  12. Pengaruh foreign exchange dan taxation terhadap inventory
  13. Audit terhadap inventory
  14. Best practice in inventory Accounting

Who Should Attend?
Staf/Officer Accounting, Cost Controller, Finance Controller, dan Accounting Managers

Investasi : Rp 2.500.000,-
Include : Lunch, 2x Coffee Break, Modul, & Certificate Of Accomplishment

Course Leader

Agus Hendri
Praktisi manajemen akunting & keuangan serta manufacturing, Chief Accounting PT Astra Otoparts, Tbk. Internal trainer cost accounting. Pembicara diberbagai universitas. Pernah bekerja di PT. Astra Agro Lestari, Tbk , “Kumala Hadi & Rekan” Public Accountant dan PT Astra Otoparts, Tbk

Link lain : http://www.binamanajemen.com/view.php?course=75
Pendaftaran : http://www.binamanajemen.com/registration.php?course=75


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: